Rapat Pra Musrenbang: Rembuk Stunting

  • 29 August 2019
  • Dibaca: Pengunjung
http://sumberjaya-lampungtimur.desa.id/assets/images/sedang/a43ab-img-20190827-wa0013.jpg

Rapat Pra Musrenbang telah dilaksanakan. Rapat ini adalah salah satu rapat sebagai tindak lanjut dari hasil pelatihan peningkatan kapasitas Kader Pembangun Manusia sebelumnya.

Pada rapat pra Musrenbang ini membahas tengtang topik Stunting (Rembuk Stunting). Dalam rapat ini selain dihadiri oleh perangkat desa termasuk para kadus dan RT, warga serta peserta KKN juga hadir. Pendamping desa juga hadir dalam rapat ini sebagai bukti bahwa desa telah melaksankan rapat sebagai tindak lanjut pelatihan KPM.

Stunting sebagai topik yang dibahas dalam rapat menjadi Urgent karena masih banyak warga desa yang masih belum sadar akan hidup sehat dan kurangnya mencukupi asupan gizi tubuh masyarakat. 

Stunting adalah kondisi tinggi badan anak lebih pendek dibanding tinggi badan anak seusianya. Hal ini disebabkan oleh kekurangan gizi kronis dengan manifestasi kegagalan pertumbuhan (growth faltering) yang dimulai sejak masa kehamilan hingga anak berusia 2 tahun.

Semua peserta rapat diharap bersama -sama untuk mengatasi masalah stunting di desa Sumberjaya Khususnya di Masing Masing dusun Dengan cara menerapkan pola hidup sehat dan makan makanan yang memiliki kandungan nutrisi yang seimbang.

Salah satu program untuk mengatasi masalah stunting adalah dengan pembangunan jamban jongkok. Jamban jongkok diberikan kepada warga yang masih menggunakan wc cemplung dalam membuang air besar. Denga demikian program in dapat membantu dalam menuntaskan masalah kesehatan masyarakat yang kurang mampu dalam membangun WC yang lebih bersih.