Pemberian Obat dan Pencegahan Massal (POPM) Kecacingan Di Balai Desa Sumber Jaya

  • 16 October 2018
  • Dibaca: Pengunjung
http://sumberjaya-lampungtimur.desa.id/upload/default.jpg

Penyakit kecacingan yang ditularkan melalui tanah atau Soil Transmitted Helminthiasis (STH) dan dikenal dengan istilah cacing perut masih menjadi masalah kesehatan masyarakat yang serius di daerah beriklim tropis dengan sanitasi yang tidak adekuat dan kondisi yang tidak hiegenis. Tiga jenis cacing yang sering menginfeksi anak dan menyebabkan efek yang tidak baik untuk anak usia prasekolah atau sekolah adalah cacing gelang (ascaris Lumbricodeis), cacing tambang (Ancylostoma duedenale dan Necator Americanus), dan cacing cambuk (Trichuris trichiura).

Infeksi kecacingan menyebabkan morbiditas dan kadang menyebabkan kematian karena status gizi yang buruk, merusak kognitif, menimbulkan sindrom klinis yang terkait dengan migrasi cacing, obstruksi usus, radang usus besar dan dubur.

Untuk mencegah terjadinya penyakit kecacingan, dinas kesehatan melakukan program POPM Kecacingan melalui petugas kesehatan dari kecamatatan Waway Karya dan Bidan desa Sumber jaya yang dibantu oleh Kader Kesehatan Desa Sumber Jaya. Obat cacing diberikan kepada anak balita dan kepada anak sekolah dan pra- sekolah. Anak – anak dilakukan pengukuran dan pemeriksaan untuk melihat kondisi kesehatan anak sebelum diberikan obat cacing.

Kondisi lingkungan dengan sanitasi yang tidak bersih dan kebiasaan masyarakat yang belum peduli pada kesehatan dapat menyebabkan anak- anak terjangkit penyakit kecacingan. Kebiasaan buruk seperti BAB sembarangan dan kondisi yang buruk dapat menyebabkan penyebaran penyakit kecacingan mudah menjangkiti anak – anak. Selain itu, anak – anak yang sering bermain tanah dan bermain tanpa memakai alas kaki menyebabkan anak anak mudah terjangkit cacing.

Pembrian obat harus dibarengi dengan merubah gaya hidup menjadi gaya hidup sehat. Menjaga Sanitasi lingkungan dan MCK yang bersih agar cacing tidak mudah menjangkiti anak – anak. Membiasakan anak – anak untuk memotong kuku dan menggunakan alas kaki salah satu pencegahan dari cacing menginfeksi anak – anak.