Pelatihan Peningkatan Kapasitas Kader Pembangunan Manusia Kecamatan Waway Karya

  • 29 August 2019
  • Dibaca: Pengunjung
http://sumberjaya-lampungtimur.desa.id/assets/images/sedang/73070-img-20190819-wa0008.jpg

Pelatihan Peningkatan Kapasitas Kader Pembangunan Manusia (KPM) Kecamatan Waway Karya.

Pelatihan KPM se-Kecamatan Waway Karya telah dilaksanakan pada tanggal 19 - 20 Agustus tahun 2019 di desa Karang anom.

Pleatihan yang diikuti oleh 11 desa se-Kecamatan Waway Karya di terdiri dari 11 desa yang masing masing desa mengirimkan 5 perwakilan kader. Pelasanaan pelatihan di lakukan di desa Karang anom Balai latihan Kerja Komunitas (BLKK) Al Barokah.

Pelatihan ini menekankan kepada para peserta untuk mengurangi terjadinya kesenjangan dimasyarakat terutama dibidang kesehatan. Dalam hal ini kader diharapkan dapat mengedukasi masyarakat dalam pola hidup sehat untuk menjegah terjadinya gizi buruk dan stunting.

Gizi buruk dan stunting adalah 2 topik yang menjadi fokus dalam pelatihan kader terutama kader kesehatan dimana setelah mengikuti pelatihan ini, para peserta pelatihan dapat memberika penyuluhan kepada masyarakat di desanya untuk dapat hidup sehat.

Gizi buruk atau Malnutrisi itu sendiri dapat dipahami sebagai kesalahan dalam pemberian nutrisi. Kesalahan bisa berupa kekurangan maupun kelebihan nutrisi. Pada dasarnya kwashiorkor bisa diartikan sebagai kondisi dimana seseorang kekurangan asupan yang mengandung energi dan protein.

Stunting adalah kondisi tinggi badan anak lebih pendek dibanding tinggi badan anak seusianya. Hal ini disebabkan oleh kekurangan gizi kronis dengan manifestasi kegagalan pertumbuhan (growth faltering) yang dimulai sejak masa kehamilan hingga anak berusia 2 tahun.