JAMBAN LEBIH NYAMAN, WARGA BAHAGIA DENGAN PROGRAM JAMBANISASI 2018

  • 04 October 2018
  • Dibaca: Pengunjung
http://sumberjaya-lampungtimur.desa.id/upload/2018/10/JAMBANISASI.jpg

Program Jambanisasi telah rampung dilaksanakan di desa Sumber Jaya. Sebanyak 150 keluarga mendapat program jambanisasi pada tahun 2018 ini. Jumlah warga yang mendapatkan Jambanisasi terdiri dari 6 dusun diman setiap dusun terdapat 25 keluarga yang mendapat jambanisasi.

Ketika pendataan warga yang akan mendapat program jambanisasi, mereka menyambut dengan gembira kabar tersebut. Pasalnya, warga yang mendapat program tersebut merupakan warga yang tergolong kurang mampu. Tidak hanya bantuan kloset nya saja yang diberikan kepada penerima bantuan program jambanisasi, tetapi salurannyapun dibuatkan seperti paralon pasir dan semen pun disediakan berikut tukangnya.

Kini warga dapat  menikmati jamban yang lebih nyaman. Jamban yang sebelumnya tidak layak dan dapat menyebarkan penyakit kini lebih bersih tidak menimbulkan bau yang menyengat. Sekarang dengan adanya kloset jongkok tidak akan banyak lagi lalat yang berkembangbiak di jamban karna lebih tertutup.

Kloset jongkok dipandang lebih bersih dan lebih nyaman penggunaanya. Hal ini dirasakan oleh warga desa Sumber Jaya di 6 dusun yang mendapatkan program jambanisasi. Salah satunya adalah Amin Soleh warga dusun Bandung Sari. Amin Soleh menuturkan bahwa dengan adanya program jambanisasi, dia merasa senang karena mendapat vantuan jamban tersebut. Dia juga mengatakan bahwa dengan jamban kloset jongkok lebih bersih dan tidak menyebarkan bau dan lalatpun tidak ada.

 
Amin Soleh, salah satu Warga dusun Bandung Sari penerima bantuan program Jambanisasi[/caption]

Program jambanisasi dapat berjalan  baik dengan partisipasi semua pihak baik dari warga, perangkat dan pemeritahan kecamatan dan semua pihak yang teribat dan berwenang. Warga berharap program ini akan dilanjutkan sampai tidak ada lagi warga yang masih menggunakan wc cemplung. Karena di Desa Sumber Jaya masih banyak yang belum menggunakan jamban dengan kloset jongkok yang lebih bersih.